BAGAIMANA komputer kita TERHUBUNG KE INTERNET

BAGAIMANA komputer kita TERHUBUNG KE INTERNET
A. Terhubung Ke Internet
Internet, sebuah kata yang sekarang ini sudah sangat sering di dengar oleh kita dengan berbagai macam manfaat , fungsi dan peranannya baik di bidang ekonomi, informasi, hiburan, pendidikan, penelitian dan lain sebagainya.
Pertanyaannya (P) : “Bagaimana kita bisa terhubung ke Internet ?”Jawaban (J) : Untuk terhubung ke Internet seseorang harus mempunyai perangkat terminal seperti Komputer, PDA, Handphone yang terhubung ke Penyedia Jasa Internet, baik menggunakan media kabel ataupun tidak.
(P) : “Jika saya mempunyai komputer, bagaimana caranya saya bisa terhubung ke Internet ? “(J) : Salah satu caranya adalah, Pastikan Komputer terhubung ke penyedia jasa Internet misal Telkom melalui Modem yang terhubung ke Line Telepon.
(P) : “ Bagaimana spesifikasi minimum perangkat keras yang harus dimiliki, agar akses internet menggunakan line telepon (dikenal sebagai dial up) berjalan lancar ?”(J) : Komputer Minimum Pentium II (atau sekelas), RAM minimum 64 MB (lebih bagus bertipe Multimedia PC dengan RAM yang cukup besar), Modem kecepatan 56kbps dan line telepon biasa.
(P) : “Berapa kurang lebih harga komputer dengan spesifikasi di atas, lengkap dengan modemnya ?”(J) : dipasaran saat ini spek minimum diatas dalam kondisi second kecuali modem lengkap tidak lebih dari 1,5 Juta rupiah. Untuk komputer baru sekelas Pentium 4 lengkapun ada dikisaran 3 Juta rupiah, jadi sudah relatif murah.
(P) : “ Ke siapa saya harus mengajukan layanan Internet dengan line telepon ?”(J) : Layanan internet via telepon bisa diajukan ke penyedia layanan internet, namun akan menghadapi prosedur administrasi terlebih dahulu, juga tagihan internet yang terpisah dengan tagihan teleponnya.Ada satu solusi Praktis dan Murah tanpa perlu registrasi dan lain sebagainya, serta tagihan pemakaian yang bersatu dengan tagihan telepon yaitu layanan akses internet TelkomNet-Instant, dengan tarif tidak berubah yaitu 165 rupiah per menit (Simple, Praktis dan murah)
(P) : “Apakah tarif Telkomnet Instan, ikut naik seperti tarif lainnya ?”(J) : “Tidak, tarif Telkomnet Instan tetap 165 rupiah per menit, hal ini sebagai wujud kepedulian Telkom dalam membantu peningkatan pemakaian internet di masyarakat.

B. Setting Komputer untuk Akses Internet.
1. Setting Hardwarea. Pastikan modem tersambung ke computerb. Pastikan line telepon tersambung ke Modemc. Pastikan Modem sudah dikenali oleh Komputer (di windows lihat dibagian Modem & Fax, pada menu Control Panel)

2. Setting Dial Up Connection
a. Membuat Dial up Connection, Click dari Start, Connect to ….b. Periksa apakah Dial up connection sudah ada, jika belum buat New Connectionc. Klik Create a new connection, kemudian ikuti langkah demi langkahd. Kemudian pilih Connect to the Internet, Klik Nexte. Pilih Set Up my Connection manualliy, Klik Nextf. Pilih Connect using dial-up modem, kklik Nextg. Masukan Nama ISP-nya (nama ini merupakan nama Connection yang akanmuncul di desktop dan menu program), dalam hal ini masukan TelkomNet, klik Nexth. Masukan Nomor Telepon yang akan kita dial untuk akses ke internet, untuk TelkomNet Instant sudah pasti nomornya 080989999 , Klik Nexti. Masukan User name : telkomnet@instant, Password dan Confirm password : telkom, Klik Nextj. Kini tinggal Klik tombol Finish, anda telah siap mengakses Internetk. Jika sudah selesai, maka di bagian Connect to sudah akan muncul icon TelkomNet, Untuk memulainya anda tinggal mengklik icon TelkomNet
Pada Desktop computer anda juga akan tampil shortcut untuk mengakses aplikasi dial-up connection ke TelkomNetSedangkan pada menu Start , Program menu item program juga akan muncul
3. Memulai Koneksia. Aktifkan Dial-up Connection TelkomNet, bisa dari Desktop menu atau Start program menu b. Pastikan user name dan password sudah terisi dengan benar, Klik Dialc. Selanjutnya akan muncul tampilan prosses koneksi, seperti gambar di bawah ini. 1. Proses Koneksi ke TelkomNet Instant di mulai
2. Proses Verifikasi username dan Password3. Jika sukses, computer anda akan diregistrasi ke Network
4. di pojok kanan bawah akan muncul icon 2 komputer yang menunjukan proses Koneksi TelkomNet sukses berikut kecepatan aksesnya
d. Koneksi Internet telah berhasil !!!, Sekarang anda sudah mulai bisa memakai seluruh fasilitas yang ada di Internet seperti Browsing, e-mail, Chatting dsb.

C. Aplikasi dasar yang digunakan
Agar termanfaatkan secara benar, software atau aplikasi apa saja yang harus ada/terinstall :
KegunaanKeteranganAplikasi

Untuk Browsing/SurfingMengunjungi situs-situs/alamat di Internet seperti http://www.telkom.co.idNama Aplikasinya Browser, contoh Internet Explorer (Gunakan versi 5 ke atas), Opera dan Netscape Untuk memanfaatkan e-mailE-mail berbasiskan Web, misal akses e-mail di http://www.plasa.comGunakan Browser, seperti saat kita surfing
E-mail berbasiskan Non Web, gunakan aplikasi Mail clientContoh umum yang standard windows adalah Outlook Express, coba kunjungi http://www.telkom.netUntuk Berdiskusi/ngobrol secara real time melalui teks
Gunakan aplikasi mIRC, kunjungi http://www.mIRC.com Untuk berkomunikasi lainnyaPaket Terpadu : bisa e-mail, bisa chatting, bisa kirim tarima sms terdapat dalam satu paketGunakan Aplikasi Instant Messenger (IM), misal ICQ (http://www.icq.com) dan yahoomessenger (http://yahoo.com)
Berkomunikasi langsung menggunakan suara dan VideoGunakan IM YahooMessenger, atau Windows Messenger, khusus komunikasi suara yang bagus gunakan Skype (http://www.skype.org) Aplikasi Standard lainnyaAnti Virus
Download Accelelator : mempercepat dan mengatur proses download (pengambilan file di internet)Gunakan Download Accelelator (DAP), Getright, FlashGet atau Godzila. (Coba cari di Goole dengan kata Dowload Accelelator)
Pembaca FileGunakan MS Office, dan Adobe Acrobat Reader (untuk membaca file dengan format PDF, sbg format umum di Internet)
Aplikasi Pengkompres dan membuka kompres (untuk mengecilkan file sebelum di upload atau dikirim biasanya dalam format Zip dan rar.Gunakan aplikasi winzip, http://www.winzip.com



0 comments: